Sabtu, 22 Juni 2013

ORANG TIPE "D"


Apa yang dimaksud dengan orang tipe D pada disc concept dan bagaimana memahami orang tipe D tersebut ?

D - Dominant


Huruf D dalam disc concept bisa merupakan arti dari “Dominant” (bahasa Inggris) yang artinya sifat orang tersebut relatif mendominasi dalam berbagai situasi.  Dalam berbagai kesempatan dan pertemuan orang tipe ini tanpa sadar ingin mendominasi situasi, ingin ikut serta dalam pembahasan, memberikan usulan dan tentu saja memberikan solusi dan usulan pemecahan suatu masalah.  Orang tipe D ini tidak suka diam dan “manut” saja. Dia ingin terlibat aktif dan memberi kontribusi yang nyata

D - Doer


Huruf D tersebut juga bisa berarti “Doer” yang atinya bertindak segera karena orang ini tidak suka menunggu lama-lama.  Apabila suatu pokok bahasan sudah diputuskan, maka orang tipe D ini inginnya keputusan tersebut segera dilaksanakan.  Dalam suatu rentang waktu tertentu orang tipe D ini secara sadar maupun tidak sadar akan menagih hasil atau pelaksanaan kerja dari keputusan yang sudah dibuat sebelumnya.  Jargon yang biasa dikatakan untuk orang D ini adalah “do it now !”

D – Driving


Hampir sama dengan arti “menyetir”, driving bisa juga dimaknakan dengan mengendalikan situasi.  Orang tipe D ini tidak suka apabila dalam suatu kelompok atau dalam suatu penanganan masalah keadaan tidak terarah.  Dia berupaya untuk mengembalikan ke masalah pokok yang seharusnya dibahas dan mencoba mencari solusi masalah.  Orang ini tidak menyukai hal hal atau pembicaraan lain yang dianggapnya hanyalah remeh-temeh dan bisa mengganggu arah pembicaraan atau pembahasan suatu masalah.


Bakat alami menjadi pemimpin
Dalam berbagai kesempatan orang tipe ini berbakat untuk mengambil posisi kepemimpinan.  Mereka memiliki inisiatif untuk memegang kendali, memiliki visi yang besar, dan mengajak anggota kelompoknya untuk mencapai visi tersebut.  

Add caption

Mereka pandai memberikan motivasi kepada anggota tim serta mampu memberikan arahan tugas dan pekerjaan.  Namun orang dengan tipe ‘D’ yang tinggi cenderung memiliki gaya yang ambisius, menginginkan hasil dan jawaban segera, serta efisiensi baik waktu maupun sumberdaya lainnya.  
Orang ini tertarik dan mementingkan kesuksesan dan pencapaian sasaran.  Tipe ini berani mengambil keputusan atau tindakan yang berbeda dari orang banyak tanpa terlalu kuatir akan kritik atau ketidaksenangan pihak lain.
Orang tipe ini cepat melihat jalan keluar dari setiap permasahan serta memiliki kemampuan mengupayakan jalan keluarnya
Gaya komunikasi  ‘to the point’
Dalam menyampaikan ataupun mengemukakan sesuatu hal kepada orang lain, orang tipe ‘D’ biasanya langsng ke pokok masalah.  Mereka cenderung tidak menyukai basa-basi kecuali sekedarnya saja. 
Demikian pula ketika mendengarkan uraian dari orang lain, mereka bersikap tidak sabaran apabila mendengar uraian pendahuluan yang dirasanya terlalu panjang;
Sesuai dengan gayanya itu, orang tipe ini juga mengharapkan orang lain juga bersikap sama, yaitu tidak terlalu banyak basa-basi dalam menyampaikan sesuatu.  Dalam konsep DISC orang ini diberi lambang dengan tanda seru.
Sayangnya sifat orang ‘D’ yang ‘task oriented’, berorientasi pada tugas dan pekerjaan memiliki suatu kekurangan, yaitu kurang pandai dalam mempertimbangkan perasaan orang lain.
Berorientasi hasil
Orang-orang dengan tipe ‘D’ memiliki orientasi pada hasil akhir serta berfikir bagaimana cara mencapainya secepat dan seefektif mungkin.  Umumnya mereka tidak terlalu mempermasalahkan bagaimana proses dalam mencapai hasil yang di inginkan.  Sebagai contoh, apabila anda adalah seorang tenaga penjual, atasan anda yang orang ‘D’ tidak terlalu hirau apakah anda lebih banyak jalan-jalan atau berdiam dirumah.  Asalkan prestasi penjualan anda mencapai target atau bahkan baik, sudah cukup baginya.
Ketika anda berbicara, tanpa disadarinya di dalam kepalanya sudah sampai kepada hasil akhir.  Hasil akhir ini (didalam fikirannya) bisa berupa target kerja dalam satuan rupiah omset penjualan, bisa produk yang dirancang, ataupun suatu bentuk pemecahan masalah.
Cepat Mengambil Keputusan
Orang tipe ini cepat mengambil keputusan.  Tidak sabar menunggu penjelasan panjang lebar.  Adakalanya belum selesai seorang bawahan menyampaikan laporannya, sang atasan sudah mengambil keputusan dan memerintahkan sesuatu.  
Selain ketidak efisienan, orang tipe ini sangat membenci jika tidak ada keputusan.  Apabila dalam suatu kelompok ada rapat atau diskusi untuk memecahkan suatu masalah, bagi orang tipe ini keputusan sudah harus diambil sebelum kelompok tersebut membubarkan diri.  Akan sangat menjengkelkan baginya apabila tidak ada keputusan yang diambil. 
Orang yang ‘D’ nya sangat keras bahkan adakalanya memaksakan agar pertemuan jangan dibubarkan dulu sebelum ada keputusan yang dibuat.
Kinerja dan produktifitas
Kinerja berupa produktivitas ataupun melakukan pekerjaan secara efektif merupakan hal-hal yang penting bagi orang ‘D’.  Orang ini tidak suka apabila melihat ada orang yang melakukan pekerjaan secara tidak efisien atau tidak efektif. 
Orang-orang ‘D’ biasanya memiliki visi dan ‘need of achievement’ yang tinggi.  Ia menginginkan dan mengupayakan kinerja yang baik untuk dirinya sendiri.  Ia juga meng nginkan dan mengharapkan hal yang sama bagi orang-orang yang bekerja bersamanya.
Konflik dan perbedaan pendapat
Adanya konflik dan perbedaan pendapat tidaklah menjadi masalah bagi umumnya orang dengan tipe ‘D’.  Mereka tidak takut, dan tidak menghindarkan konflik.  Bahkan sebagian orang tipe ‘D’ ada yang ‘menikmati’ konflik sebagai pemacu semangatnya.
Orang-orang tipe ‘D’ bisa saja sangat bersikap ‘garang’ dan ‘sangar’ ketika berbenturan dengan orang lain (konflik).   Namun pada lain waktu dapat kembali ‘tenang’ dan melupakan kegarangannya apabila konflik telah dapat di atasi.

Mandiri
Salah satu keunggulan orang tipe ini adalah sifat kemandiriannya, tidak banyak ketergantungan dengan orang lain/atasan.  Berani mengambil keputusan atas tanggung jawabnya sendiri. 
Dalam bekerja, orang tipe ini lebih menyukai memberikan pendapat dan keputusannya sendiri tanpa terlalu banyak campur tangan, dan sedikit sekali membutuhkan saran dan masukan dari pihak lain.  Selalu siap untuk memberikan saran dan pendapat dalam rangka pengembangan serta perbaikan dalam lingkup organisasi kerjanya.
Orang ini memiliki kepercayaan diri yang tinggi dalam berhubungan dengan orang lain, baik dalam urusan sosial maupun dalam urusan bisnis.

Kurang sabar
Sebagai individu yang selalu aktif dan maunya serba cepat, mereka jarang bersikap ragu-ragu.    Karena tingkat keyakinannya yang terlalu tinggi serta sering terlalu cepat dalam mengambil keputusan, tidak jarang orang tipe ‘D’ luput memperhatikan berbagai aspek penting yang seharusnya dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan.  Tentu saja keputusan menjadi tidak sempurna, mungkin juga salah.   Namun orang tipe ini tidak merasa terbebani akan ketidak sempurnaan atau sekali-sekali berbuat salah ( terlalu PD nich ? . . )
Ide cepat keluar dari orang tipe ini.  Namun karena cepat dan banyak idenya, seringkali pembicaraan sudah berpindah pada topik lain pada saat orang-orang di kelompoknya masih membicarakan suatu topik tertentu.
Orang-orang tipe ‘D’ pada umumnya bersikap ‘tidak sabaran’.  Dalam bekerja, orang tipe ‘D’ segera bosan dengan suasana yang monoton dan pekerjaan yang tidak menantang.
Karena sifat alami keterbukaannya, gaya komunikasi orang tipe ‘D’ ini seringkali  tidak terkontrol (tanpa disadarinya bisa menyakiti perasaan orang).  Hal ini karena terlalu cepat mengeluarkan pendapat/suara tanpa dipikir lebih dahulu (ngomong dulu baru difikirkan).  Apalagi kalau merasa posisinya kuat (misalnya merasa benar) maka ia tidak peduli dan tanpa ragu mengeluarkan kata-kata/pendapatnya. 
Hal baru dan tantangan
Sebagaimana idenya yang tidak pernah kekurangan, orang-orang tipe ‘D’ menyukai hal-hal baru dan tantangan.  Adanya aspek yang bersifat kompetisi baik perorangan atau kelompok menjadikannya sangat termotivasi.  Kebebasan berimprovisasi dalam mencapai kinerja terbaik akan menjadikannya berupaya bekerja se-optimal mungkin.
Respek dari orang lain baik rekan kerja, atasan, maupun bawahan akan kinerjanya merupakan kebutuhannya.  Pekerjaan atau keadaan yang dapat memenuhi hal tersebut menyebabkannya sangat gigih dalam mencapai hasil maksimal.
Ada suatu hal yang sangat dibencinya yaitu apabila ia merasa diperalat atau dimanfaatkan oleh orang lain.  Jangan mengharap orang ‘D’ akan melakukan sesuatu bila ia merasa dalam hal itu ia dimanfaatkan oleh orang untuk suatu keperluan.
Orang ini juga akan hilang motivasi kerjanya apabila ia karena terpaksa berada dalam lingkungan yang tidak memperdulikan kinerja dan standar kualitas yang baik

Demikianlah sebagian uraian mengenai orang tipe D ini

Oleh : Mursalin Asbi
DISC concept practitioner

Tidak ada komentar:

Posting Komentar